Selasa, 22 Mei 2012

Cara pendekatan pada siswa

Di zaman dulu siswa hampir patuh pada guru baik , berupa tutur kata yang sangat sopan ,maupun tingkah lakunya oleh karna itu banyak sekali ilmu yang di dapat dan hampir setiap keluarga menerapkan pola pendidikan dan pola asuh yang sama. Itu terlihat dari larangan orang tua kepada anak-anaknya keluar pada malam hari. Tetapi mendorong anak-anak untuk belajar dan lebih banyak melakukan kegiatan di dalam rumah.

Di kalangan keluarga muslim, ketegasan terhadap pendidikan anak dan pola asuh menjelang malam itu sangat kentara di zaman dulu. Hampir setiap rumah mengajak anak-anaknya mengaji dan melakukan salat magrib berjamaah. ”Nah inilah yang saya sebut ada pergeseran. Terlalu banyak keluarga yang tak lagi menjaga tradisi baik itu. Tidak ada lagi salat jamaah di rumah dan mengaji,” ucapnya.
Siswa adalah salah satu faktor dalam proses pembelajaran oleh karna itu keberhasilan suatu sekolah terletak pada keberhasilan siswa baik secara langsung maupun tidak langsung maka dari itu pendekatan pada siswa sangat penting sekali
Di tangan siswa terletak masa depan bangsa, apakah kita akan berdiri sejajar dengan bangsa lain atau kita terpuruk menjadi bangsa budak di negeri sendiri. 
 Ada beberapa pendekatan yang saya lakukan untuk memotifasi dalam belajar di sekolah maupun d luar sekolah
  1. Pendekatan perindividu adalah pendekatan yang saya lakukan kepada siswa yang tidak mempunyai bermotifasi belajarnya  akan tetapi mempunyai intelektual tinggi
  2. Pendekatan sesama siswa adalah pendekatan yang saya terapkan melalui teman dekat agar siswa tersebu tidak mudah tersingung biasanya sifat tersebut di lakuakan oleh siswa yang nakal baik ditingkat sekolah maupun pergaulannya.
  3. Pendekatan lewat Keluarga adalah saya lakukan dengan pendekatan melewati keluarga baik berkenaan tentang ekonomi maupun tentang kondisi keluarga si siswa
Dengan Pendekatan tersebut mampuh menghasilkan peserta didik yang mampu bersaing baik melewati teknologi maupun akhlak menurut saya biasanya siswa mayoritas yang mempengarui adalah lingkungan di luar sekolah oleh karna itu peran orang tua sangatlah penting sekali dalam membentuk kepribadian siswa.

1 komentar:

Kemerah-Merahan