OJOK LALI LO REK KARO ESOEN

Kemerah-Merahan


Konversi Energi Motor 4 Tak dan 2 Tak




Konsep Motor Bakar
Secara umum motor bakar di bagi menjadi:
  1. Internal Combustion Engine
  •   Mesin kalor yang proses pembakarannya terjadi dalam motor bakar itu sendiri sehingga gas pembakaran yang terjadi sekaligus sebagai fluida kerjanya
  2. External Combustion Engine
  •   Mesin kalor yang cara memperoleh energinya dengan proses pembakaran di luar disebut mesin pembakaran luar

     

    Prinsip Kerja

     

    apabila piston naik menujuh TMA maka akan memompah/memampatkan gas yang berada pada ruang silinder sehingah dapat menghasilkan tenaga yang berada di ruang bakar sehingga dapat membakar bahan bakar dan dapat percikan bungah api dari busi sehingah mesin dapat bekerja
    Bahan bakar masuk melalui intake manifuold yang sudah berupa gas/kabut kemudian bahan bakar di kompresikan kedalam ruang pembakaran dengan adanya tenaga yang di akibatkan oleh tekanan naik piston maka terjadilah proses pembakaran yang di aliri oler listrik dari busi 



    Konstruksi
    Macam-macam Motor menurut langkah                                                                  
      langkah/tak

    1. Mesin 4 langkah (tak) adalah mesin yang dalam satu siklusnya mampu menghasilkan 1 kali tenaga dan diselesaikan dengan 4 gerakan piston dan 2 putaran crankshaft.
      cara kerja Motor empat langkah


       langkah isap adalah
      1. Katup masuk terbuka dan katup buang menutup
      2. poros engkal berputar 1/2 putaran bergerak dari TMA ke TMB sehingga terjadi pembesaran volume dan pengecilan tekanan /kehampaan

       
       langkah compresi
      1. Katup masuk dan katup buang dalam keadaan menutup
      2. Poros engkol perputar 1 putaran penuh dari TMA Ke TMB pada kisaran 45






       langkah Usaha/kerja
      1. Katup masuk dan katup buang dalam keadaan menutup
      2.  Pada akhir langkah kompresi piston hampir mencapai TMA ke TMB yang menyebabkan tekanan tinggi dan terjadi dimulainya loncatan bungah api listrik yang terdapat pada ektroda busi
      langkah Pembuangan
      1. Katup masuk tertutup dan katup buang membuka
      2. poros engkol 2 putaran dari TMb ke TMA sehingah gas bekas proses pembakaran di desak ke luar silinder melalui katup buang menujuh knalpot






    2. Dua langkah/tak 
      Mesin 2 langkah (tak) adalah mesin yang dalam satu siklusnya mampu menghasilkan 1 kali tenaga dan diselesaikan dengan 2 gerakan piston 1 putaran crankshaft.

       cara kerja Motor 2 Tak

      langkah kompresi adalah di mulai dengan penutupan saluran masuk dan keluar kemudian menekan silinder dan di bagian bawah,piston menghisap campuran bahan bakar bensin dan udara bersih ke dalam ruang bakar .bila piston mencapai TMA maka pembakaran


       
       langkah kerja kerja/ Ekspansi dimulai ketika piston bergerak mencapai titik tertentu  sebelum TMA busi memercikan bungah api terjadilah kerja.pada awalnya saluran buang dan saluran masuk terbuka
        

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses
Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.