Nama
Sekolah : SMK NU-1
BUSTANUL ULUM
Nama
Guru :
..........................................................................
Pangkat
Golongan :………………………………………………..
Mata
Pelajaran : ………………………… Jumlah Jam Tatap Muka: JP
Sertifikasi
Mapel/Tahun :………………………………
No
|
Sub
KomponendanButirKomponen
(TatapMuka)
|
Kondisi
|
|
Keterangan
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
KegiatanPendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
4:
Amat -
Baik
3:
Baik
2:
Cukup
1:
Kurang
|
|
a.
Menyiapkan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Melakukan
Apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Menjelaskan KD dantujuan yang ingin dicapai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Penampilan guru
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. EKSPLORASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Melibatkan siswa
dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,Media pembelajaran dan sumber belajar lainnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar
siswa serta antar siswa dengan
guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium,studio atau lapangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. ELABORASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Membiasakan siswa membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas tugas tertentu yang bermakna.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Memfasilitas isiswa melalui pemberian
tugas,diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memberi kesempatan untuk berfikir,menganali sis,menyelesaikan
masalah dan bertindak tanpa ada rasa takut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Memfasilitasi siswa berkompetens
isecara sehat untuk meninhgkatkan prestasi belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Memfasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual atau kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Memfasilitasi siswa untuk menyajikan
Hasil kerja secara individual maupun kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Memfasilitasi siswa melakukan
pameran,turnamen,festival serta produk yang dihasilkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan
dan rasa percaya diri siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.KONFIRMASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Memberikan umpan balik positif
dan
Penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat,maupun hadiah terhadap keberhasilan
siswa.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eskplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
Untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Berfungsi sebagai naras umber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Membantu menyelesaikan masalah siswa dalam
melakukan pengecekan hasil
eksplorasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dan memberikan informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Membuat rangkuman/simpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Melakukan penilaian dan /atau refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran yang
sudah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Memberikan umpan balik terhadap proses
hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Memberi tugas terstruktur (PT) dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur(KMTT)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
|
JumlahSkor
|
|
|
|
|
||||
JUMLAH
SKOR PEROLEHAN
|
|
Keterangan
NilaiAkhir =
x 100 %
Ketercapaian:
|
86% – 100%
|
=
|
BaikSekali
|
|
|
|
70% – 85%
|
=
|
Baik
|
NilaiAkhir =
|
|
|
55% – 69%
|
=
|
Cukup
|
||
|
< 55%
|
=
|
Kurang
|
|
TINDAK LANJUT
Lamongan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar