RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
SMK YASMU MANYAR GRESIK
TAHUN DIKLAT 2012 - 2013
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5(lima)
Pertemuan Ke - : 1,2,3
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa
Indonesia setara tingkat
Unggul
Kompetensi Dasar : 3.1 Menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni
Berbahasa dan teks ilmiah sederhana
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A.
INDIKATOR
1. Mnentukan
unsur intrinsic dalam puisi
2.Menentukan tema puisi yang dibaca.
3.Menentukan amanat yang tersirat
4.Membedakan puisi lama dan
5.Menyebutkan
macam-macam puisi lama
6.Menyebutkan macam-macam puisi baru
|
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Tujuan Akademis
|
1.Secara
mandiri Siswa dapat mencari amanat yang tersirat dari puisi yang dibaca
2.Secara
individu Siswa dapat membedakan puisi lama dan baru
3.Secara
mandiri Siswa dapat macam puisi lama dan baru
4.Secara mandiri
Siswa menyebutkan ciri –ciri puisi lama dan baru
|
2. Tujuan Karakter
|
Ø Siswa menjadi pribadi yang kreatif
|
Ø Siswa menjadi pribadi yang peduli/toleransi
|
Ø Siswa menjadi pribadi yang kerja
keras
Ø Siswa menjadi pribadi yang
komunikatif
|
C. MATERI AJAR
1.Unsur
intrinsic puisi
2.Ciri-ciri
puisi lama dan baru
3.Contoh
puisi baru (Kering, Pacarku Jauh di Pulau)
4.contoh puisi lama syair.pantun gurindam
5.Perbedaan puisi lama dan baru
|
D. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model
Pembelajaran
|
Ø
Langsung
|
2. Metode
Pembelajaran
|
Ø Ceramah, tanya jawab dan demonstrasi
|
E. STRATEGI PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN 1
a. Kegiatan Pendahuluan (+ 10 menit)
1.
Salam pembuka
|
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
|
3.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan gambaran tentang materi yang disampaikan. (Fase 1)
|
4.
Memotivasi peserta didik
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini. (Fase 1)
|
5.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari. (Fase 1)
|
b. Kegiatan Inti (+ 70 menit)
1.Guru memberi penjelasan tentang puisi lama
danb (fase 2)
2.Guru memberi contoh puisi lama dan baru (fase 2)
3.Siswa mengidentifikasi puisi lama dan
baru. (Fase 3 )
4.Siswa mencari perbedaan puisi lama dan
baru (Fase 3)
5.Siswa menukarkan jawabannya dengan siswa lain
(fase 4)
6.Siswa membetulkan jawaban yang salah (Fase 4)
7.Guru memberi penguatan terhadap jawaban
yang betul.(Fase 5)
8.Setelah selesai siswa disuruh mengumpulkan
lembar jawabanya
|
c. Kegiatan Penutup (+ 70 menit)
Dalam kegiatan
penutup, guru:
|
1.
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran (Fase 5)
|
2.
melakukan evaluasi dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
|
3.
menginformasikan rencana
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
|
4. Salam penutup
|
2.
PERTEMUAN 2
a. Kegiatan Pendahuluan (+ 10 menit)
1.
Salam pembuka
|
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
|
3.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan gambaran tentang materi yang disampaikan. (Fase 1)
|
4.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan dengan materi telah dipelajari
sebelumnya. (Fase 1)
|
b. Kegiatan Inti (+ 70 menit)
1.Guru dan
siswa bertanya jawab tentang unsure instrisik
2.Guru
menjelaskan unsure yang ada dalam puisi.(fase
2)
3.Siswa
disuruh membaca dan memahami puisi "Kering dan Pacarku Jauh di
Pulau"(Fase 2)
4.Guru menyuruh siswa mencari unsure
instrinsik puisi tersebut.(Fase 3)
5.Siswa menukarkan jawaban dengan siswa
lain.(fase 3)
6.Siswa membetulkan jawaban yang salah.
7.Guru
memberi penguatan terhadap jawaban siswa.(fase 4)
8.Guru menyuruh siswa mencari judul puisi
lain untuk diapresiasi.(Fase 5)
9.Setelah selesai siswa mengumpulkan
jawabanya.
|
c. Kegiatan Penutup (+ 10 menit)
Dalam kegiatan
penutup, guru:
|
1.
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran (Fase 5)
|
2.
melakukan evaluasi dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
|
3.
menginformasikan siswa untuk
mencari puisi yang dibahas pada pertemuan berikutnya.
|
4.
Salam penutup
|
3.
PERTEMUAN 3
a. Kegiatan Pendahuluan (+ 10 menit)
1.Salam pembuka
|
2.Guru mengecek
kehadiran siswa
|
3.Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan
gambaran tentang materi yang disampaikan. (Fase 1)
|
4.Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan dengan materi telah dipelajari
sebelumnya. (Fase 1)
|
b. Kegiatan Inti (+ 70 menit)
1.Guru dan siswa bertanya jawab tentang
unsure instrisik puisi
2.Guru menjelaskan cara membaca puisi dengan
memperhatikan lafal,intonasi dan jeda yang
Tepat (Fase 2)
3.Siswa disuruh latihan membaca puisi yang
tepat dengan teman sebangku (fase 3)
4.Guru menyuruh siswa membaca puisi satu
persatu ke depan kelas
5.Siswa yang lain memberi tanggapan cara membaca puisi berdasarkan
lafal,intonasi dan jeda (Fase 4)
6.Guru memberi penguatan terhadap jawaban
siswa.
|
c. Kegiatan Penutup (+ 10 menit)
Dalam kegiatan
penutup, guru:
|
5.
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran (Fase 5)
|
6.
melakukan evaluasi dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
|
7.
menginformasikan rencana
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
|
8.
Salam penutup
|
E. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1.
Contoh puisi lama dan baru
|
2.
Lembar Kerja Siswa (LKS) dan
Lembar Penilaian (LP)
|
3.
Spidol dan White board
|
F. PENILAIAN
a. Teknik Penilaian : 1. Tes Tulis
2. ……………………………………
b. Bentuk
Instrumen Penilaian :1. Isey
2. uraian
Mengetahui, Manyar,
09 Juli 2012
Kepala SMK YASMU Manyar Guru Mata Diklat
Drs.
SUNARTO SRI
ANGGRAITANINGSIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar