Senin, 28 Mei 2012

MOTOR INDUKSI TIGA PHASA


MOTOR INDUKSI TIGA PHASA
  1. Motor induksi adalah suatu mesin listrik  yang merubah   energi  listrik  menjadi  energi gerak  dengan menggunakan gandengan medan listrik  dan  mempunyai  slip antara  medan stator dan  medan rotor.
  2. Motor  induksi  merupakan motor yang paling  banyak kita jumpai dalam industri
Bagian Motor Induksi Tiga Phasa
Stator adalah bagian dari  mesin  yang  tidak  berputar dan terletak pada bagian luar. Dibuat dari besi bundar berlaminasi   dan   mempunyai    alur – alur    sebagai tempat meletakkan kumparan
      








Rotor sangkaradlah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya  bagian  dalam. Terbuat dari besi laminasi yang  mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga     yang     dihubungkan singkat pada ujungnya.

Konstruksi rotor sangkar            
Rotor  kumparan ( wound rotor )
Kumparan  dihubungkan  bintang  dibagian dalam  dan  ujung  yang  lain  dihubungkan dengan slipring ke tahanan luar. Kumparan dapat  dikembangkan  menjadi  pengaturan  
Kecepatan putaran motor Pada  kerja  normal slipring hubung singkat secara   otomatis,   sehingga   rotor  bekerja seperti  rotor sangkar.
 Jenis Rotor Belitan
 Keuntungan motor tiga phasa
Konstruksi sangat kuat dan sederhana terutama bila motor dengan rotor sangkar.

  1. Harganya   relatif  murah  dan   kehandalannya tinggi.
  2. Efesiensi  relatif  tinggi pada keadaan normal, tidak ada sikat sehingga rugi gesekan kecil.
  3. Biaya pemeliharaan  rendah karena Pemeliharaan motor hampir tidak diperlukan.
KERUGIAN PENGGUNAAN MOTOR INDUKSI 
  1. Kecepatantidakmudahdikontrol
  2. Power faktorrendahpadabebanringan
  3. Arus start biasanya 5 sampai 7 kali dariarus nominal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kemerah-Merahan